Awas! Kertas Minyak Picu Jerawat

Rabu, 24 Agustus 2016 - 15:25 WIB
Awas! Kertas Minyak...
Awas! Kertas Minyak Picu Jerawat
A A A
JAKARTA - Kertas minyak dipercaya bisa membersihkan minyak yang menempel pada wajah. Benda ini umumnya digunakan para wanita dengan cara menekan dan memakainya selama beberapa kali. Sayangnya, kebiasaan ini tidak dianjurkan para pakar demartologis.

Ahli dematologis, dr. Eddy Karta SpKK menjelaskan, penggunaan kertas minyak bisa memicu timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh cara pemakaian benda berwarna biru tersebut yang salah. Seperti menekan kertas minyak yang berakibat debu semakin masuk ke dalam.

"Kertas minyak itu hanya perlu penekanan sedang dan lembut saja. Orang itu biasanya saking gemesnya, mereka menekan kertas berlebihan sehingga debu atau kotoran yang semestinya terangkat jadi malah masuk," papar dr. Eddy Karta SpKK di Hotel Mandarin, Jakarta.

Lebih lanjut dr. Eddy menjelaskan, kebiasaan tersebut bisa menyumbat pori-pori wajah yang kecil. Akibatnya kelenjar minyak dan jerawat pun akan timbul.

"Pori-pori itu kan gak rata agak berlubang, jadi pas kertas minyak itu menekan wajah, kotoran atau debu akan masuk dan menyumbat kinerja kelenjar minyak," jelasnya.

Sementara, cara penggunaan kertas minyak yang tepat cukup dilakukan dengan membiarkannya di wajah dan tekan secara perlahan. Kertas minyak secara otomatis akan bekerja menyerap minyak di wajah.

"Kertas minyak itu sebetulnya tidak ada masalah, jadi kalau mau pakai kertas minyak harus lembut dan pelan-pelan," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)